5 Jenis Investasi Paling Menguntungkan
5 Jenis Investasi Paling Menguntungkan

5 Jenis Investasi Paling Menguntungkan

Siteknonews.com – Inilah 5 Jenis Investasi Paling Menguntungkan yang bisa Anda coba. Saat ini, semakin banyak orang yang mulai memahami pentingnya berinvestasi. Kondisi ekonomi yang berubah memaksa mereka mencari cara untuk berinvestasi jangka panjang dan pendek. Seperti yang kita ketahui, ada berbagai jenis investasi dan masing-masing jenis memiliki keuntungan yang menggiurkan.

Meskipun terlihat menjanjikan, investasi memang memiliki beberapa risiko. Oleh karena itu, jika ingin berinvestasi sebaiknya berhati-hati dalam memilih instrumen investasi. Tujuannya jelas agar investasi benar-benar membuahkan hasil. Nah, jika Anda bertanya-tanya jenis investasi mana yang lebih menguntungkan, simak ulasannya di bawah ini.

Tanah dan properti

Investasi terbaik dan potensi negatif yang sangat kecil adalah tanah dan real estat. Nilai investasi tanah dan bangunan tidak akan pernah berkurang dan akan meningkat setiap tahunnya selama permintaan tetap tinggi.

Daya beli masyarakat untuk kebutuhan real estate saat ini juga cukup tinggi. Karena alasan ini, harga real estat terus meningkat pesat di semua wilayah. Jika Anda memiliki harta berupa rumah, jangan disia-siakan.

Anda dapat menggunakan rumah Anda sebagai tempat kerja, misalnya sebagai asrama. Anda dapat menggunakan ruang yang tersisa untuk katering, laundry, dll. Akan lebih menguntungkan jika Anda bisa memanfaatkannya untuk jenis usaha lain.

Emas

Keuntungannya memang kecil, tapi setidaknya harga jual emas cenderung naik. Kalaupun ada inflasi, itu tidak mempengaruhi nilai investasi yang dilakukan di emas.

Berinvestasi emas juga sangat menarik bagi masyarakat Indonesia karena modal yang dibutuhkan tidak cukup besar bagi siapapun untuk berinvestasi emas. Juga mudah untuk menjual atau mengumpulkan emas.

Namun, berinvestasi emas juga cukup berisiko, meski risikonya tidak terlalu tinggi. Menyimpan emas Anda saat ini tidak praktis karena membutuhkan tempat ekstra aman untuk menyimpan semua emas Anda. Apalagi jika Anda memiliki nugget berukuran besar yang tidak bisa disimpan di lemari besi kecil.

Saham

Saham adalah investasi yang paling menguntungkan dan populer di kalangan penduduk. Penghasilannya cukup besar untuk menarik orang agar mencoba saham tersebut. Jika Anda berinvestasi langsung di saham, Anda disebut sebagai pemilik perusahaan.

Namun, kepemilikan tentu saja akan berubah tergantung pada investasi Anda di perusahaan tersebut. Jadi, jika perusahaan tempat Anda berinvestasi berjalan dengan baik, Anda akan mendapatkan pengembalian yang besar.

Sebagai pemegang saham, Anda mendapatkan keuntungan dari dua peristiwa, keuntungan modal dan dividen. Capital gain berarti Anda akan mendapatkan 1 rupee jika Anda menjual saham tersebut dengan harga yang lebih tinggi daripada saat Anda membelinya. Meskipun dividen agak mirip dengan konsep pembagian keuntungan, Anda menerima sebagian dari keuntungan perusahaan berdasarkan jumlah saham yang Anda miliki.

Reksadana

Jika Anda seorang profesional keuangan, Anda harus terbiasa dengan reksa dana. Jenis investasi ini masih banyak diminati masyarakat karena minim risiko, keamanan terjamin, dan mudah dikendalikan. Anda juga tidak akan melakukannya sendiri, karena ada Manajer Investasi (MI) yang siap membantu mengelola reksa dana Anda.

Maka yang harus Anda lakukan adalah mentransfer semua uang Anda ke manajer investasi Anda. Setelah itu, Anda tinggal memantau pergerakan reksa dana Anda. Tentunya investasi ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang baru terjun ke dunia investasi.

Dari segi keuntungan, return reksa dana memang tidak sebesar saham game. Namun, perlu Anda ketahui bahwa imbal hasil reksa dana bergantung pada kemampuan manajer investasi dalam mengelola reksa dana tersebut, bukan seberapa besar atau kecil pembelian awal investor tersebut.

Peer-to-peer (P2P) Lending

Tidak ingin berinvestasi untuk waktu yang lama? Anda bisa mencoba investasi jangka pendek yang dikenal dengan peer-to-peer lending atau peer-to-peer lending. Investasi ini memiliki banyak keuntungan, antara lain kepraktisan, karena dapat dilakukan secara online, dan keuntungannya sangat besar.

Selain itu, platform investasi P2P Lending lebih aman dan minim risiko. Oleh karena itu, cocok untuk mereka yang ingin memulai investasi. Ini adalah opsi investasi paling menguntungkan yang dapat Anda pikirkan.

Demikian 5 Jenis Investasi Paling Menguntungkan yang patut anda coba. Semoga bermanfaat.

Trending:   Apa Saja Keuntungan Investasi Reksadana?