Komponen Smartphone dan Fungsinya
Komponen Smartphone dan Fungsinya

Komponen Smartphone dan Fungsinya

Siteknonews.com – Komponen merupakan bagian penting dari sebuah smartphone yang perlu Kamu ketahui, di era teknologi sekarang ini, hal tersebut tidak mungkin lagi bagi  tidak memiliki smartphone, handphone, tablet atau perangkat digital lainnya. Smartphone adalah alat komunikasi utama untuk mengikuti tren media sosial, mengambil foto dan video, dan banyak lagi. Namun tahukah bahwa sebuah smartphone bisa menjadi smartphone seperti itu melalui komponen perangkat keras dan perangkat lunak serta komponen pendukungnya?

Saat membeli smartphone, perlu mengetahui beberapa faktor seperti tampilan ponsel, baterai, mode pengisian daya, speaker, kamera, dan desain smartphone. Selain komponen eksternal smartphone, Kamu juga harus memperhatikan komponen di dalamnya. Sebagai aturan, bagian-bagian dari smartphone apa pun terdiri dari beberapa bagian kecil, sedang dan besar. Ini memiliki komponen yang sama, termasuk Samsung, Nokia, Apple, Asus, Xiaomi, OPPO, VIVO, Huawei dan lainnya, kali ini komponen dari smartphone, yang merupakan salah satu perangkat paling penting di dunia yang sedang kami periksa. Baca penjelasan di bawah ini untuk mempelajarinya lebih lanjut.

Komponen Smartphone dan Fungsinya 

Sebagai pengguna smartphone yang berdedikasi, apakah Kamu sudah mengetahui nama dan fungsi dari komponen smartphone? Kalau belum, baca deskripsi komponen dan fungsi smartphone di bawah ini!

1. Sensor

Sensor Komponen Smartphone dan Fungsinya

Ada lima jenis sensor utama yang memungkinkannya menyertakan sensor sentuh. Di bawah ini adalah nama-nama sensor di ponsel cerdas:

  • Akselerometer – digunakan untuk membantu aplikasi menentukan orientasi dan gerakan perangkat, dan juga memungkinkan mengubah musik dengan menggoyangkan ponsel.
  • Giroskop – Berfungsi dengan akselerometer untuk mendeteksi rotasi ponsel, misalnya memiringkan ponsel untuk menonton film.
  • Digital Compass – Membantu ponsel menemukan arah, memetakan tujuan, atau menavigasi aktivitas luar ruangan.
  • Ambient Light Sensor  –Meredupkan sesuai dengan kondisi cahaya di sekitar Kamu. Selain itu, cahaya sekitar menghemat masa pakai baterai perangkat.
  • Proximity Sensor – Proximity Sensor smartphone bertindak sebagai pelindung layar sentuh terhadap sentuhan yang tidak disengaja. Misalnya saat melakukan panggilan telepon, sensor ini mendeteksi ketika smartphone didekatkan ke telinga, perangkat secara otomatis mengunci layar untuk mencegah perintah sentuh yang tidak diinginkan.

2. Kamera

Komponen Smartphone dan Fungsinya

Pabrikan smartphone berkembang dari waktu ke waktu . teknologi kamera yang semakin canggih Setiap smartphone memiliki kamera yang terbagi menjadi kamera belakang dan kamera depan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang modul kamera ponsel cerdas, Kamu harus meninjau bagian-bagian penting kamera berikut ini:

  • Lensa – Lensa adalah salah satu elemen kunci yang membentuk dasar fotografi ponsel cerdas. Ponsel cerdas memiliki lensa titik fokus tetap kecil. Sistem kamera SLR atau mirrorless tidak bisa disamakan dengan kamera ponsel, karena lensa tidak bisa menggantikan kamera smartphone. Pabrikan smartphone sering menawarkan perangkat dengan beberapa pengaturan lensa kamera. Beberapa jenis lensa kamera smartphone yang paling umum adalah: lensa sudut lebar, lensa sudut ultra lebar, lensa makro, dan lensa monokrom.
  • Sensor – Sensor adalah seperangkat alat yang dibangun ke dalam sensor kamera smartphone. Sensor merekam cahaya yang memancar dari lensa dalam format digital, sama seperti kamera digital lainnya. Ukuran sensor kamera smartphone sangat kecil, seperti halnya lensa, oleh karena itu kamera smartphone tidak memiliki depth of field yang dangkal.
  • Image Signal Processor – Prosesor sinyal gambar terdiri dari dua bagian utama, yang memprogram berbagai algoritme untuk memproses sinyal gambar secara real time. Bekerja perangkat lunak tertanam Setelah memproses algoritme untuk mengekstrak gambar dari area ruang RGB, ISP juga mengontrol logika dari ISP melalui perangkat lunak bawaan yang berjalan di dalam dan mengontrol lensa dan sensor terkait, dan melakukan fungsi iris otomatis, pencahayaan, dan keseimbangan putih.

 

3. Memori dan penyimpanan

Memory dan Penyimpanan

Memori dan penyimpanan internal smartphone seringkali menjadi salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi keputusan pembelian smartphone pengguna., 64GB atau lebih, dan seringkali menunjukkan kapasitas

perangkat 32GB. Sedangkan untuk smartphone kelas atas dengan RAM LPDDR5 atau lebih tinggi. LP atau Low Power dapat menurunkan tegangan keseluruhan chip ini agar lebih efisien dan memperpanjang usia baterai ponsel. Semakin baik dan besar jenis RAM yang Kamu pilih di smartphone, maka akan semakin cepat dan efisien.

4. Modem

Komponen Smartphone dan Fungsinya

Sama seperti penggunaan utamanya sebagai ponsel, smartphone juga membutuhkan komponen komunikasi untuk menerima dan mengirim SMS dan panggilan. Jadi modem memegang peranan yang sangat penting bagi smartphone, biasanya produsen SoC memiliki merk modem sendiri tergantung dari merk smartphone yang digunakan. Smartphone memiliki modem bawaan yang menyiarkan koneksi data seluler yang tersedia sehingga perangkat penting lainnya dapat melihat data ini sebagai jaringan Wi-Fi. Di sini, smartphone berperan sebagai modem yang menggunakan sinyal radio atau baseband dan menyiarkan koneksinya sebagai jaringan Wi-Fi.

5. SoC (System-on-a-Chip)

SoC (System-on-a-Chip)

SoC merupakan salah satu komponen terpenting dari sebuah smartphone. Banyak orang mengira ini karena prosesor perangkat, tetapi sebenarnya tidak demikian. Selain prosesor pusat , SoC juga prosesor grafis menyertakanBiasanya, SoC adalah satu chip yang terpasang pada motherboard (papan induk). Chip ini serbaguna sebagai otak utama sebuah smartphone, tanpanya perangkat tidak akan bekerja sama sekali.

Merek SoC yang ada di pasaran termasuk Qualcomm Snapdragon, Samsung Exynos, dan MediaTek Helio. Berbagai merek ini telah membagi rentang SoC mereka berdasarkan kisaran harga, kinerja, dan rangkaian fitur. Bergantung pada jenis SoC yang dipasang, smartphone dengan chipset kelas atas juga berada di segmen harga yang lebih tinggi.

6. Baterai

Baerai

Baterai ponsel dan ponsel pintar biasanya menggunakan teknologi lithium-ion, yang dapat atau tidak dapat dilepas dari perangkat seluler. Baterai adalah bagian penting dari ponsel cerdas, yang bertindak sebagai satu-satunya sumber daya ponsel dan menghidupkan dan mematikan ponsel dengan sendirinya. Jenis baterai yang paling umum digunakan pada ponsel dan tablet adalah: nikel kadmium (Ni-CD), nikel logam hidrida (Ini-MH), dan lithium-ion (Li-ion).

Trending:   Kode BCA Ke DANA Untuk Top Up Beserta Caranya

Mereka tidak perlu khawatir tentang mengkalibrasi atau menguji sel berbasis nikel atau generasi baterai lainnya, namun, harus berhati-hati saat menangani dan menggunakan komponen baterai yang mudah menguap tersebut.

7. Display

Komponen Smartphone dan Fungsinya

Layar atau screen merupakan bagian paling dasar dari sebuah smartphone. Meski terlihat seperti perangkat eksternal, layar sebenarnya adalah perangkat internal. Saat ini ada dua jenis utama teknologi layar di smartphone:

  • LCD, teknologi IPS dan variannya. Layar LCD memiliki lampu latar yang menerangi beberapa polarizer dan filter. Dengan memanipulasi layar kristal Kamu melihat perahu warna berbeda di sisi lain, cahaya dihasilkan bukan oleh layar itu sendiri tetapi oleh cahaya di belakang layar. Layar LCD memberikan cahaya di belakang layar, sehingga smartphone hanya mengkonsumsi sedikit baterai.
  • LED – Teknologi dan varian AMOLED atau Super AMOLED. Tampilan berbasis LED memiliki LED yang cukup kompleks, mereka dapat memancarkan semua piksel yang Kamu lihat atau tidak lihat, mereka dikenal sebagai LED penghasil merah, hijau dan biru. Layar AMOLED menghasilkan warna yang lebih tajam dan cerah. Namun, sedikit kerugian dari panel AMOLED adalah harganya sama mahalnya dengan IPS atau lebih.

Penutup

Demikian informasi mengenai komponen-komponen smartphone yang mudah untuk di pahami. Kamu dapat mempertimbangkan bagian-bagian ini saat membeli dengan membandingkan berbagai komponen di smartphone.

Mengetahui bagian-bagian dan fungsi komponen smartphone dapat membantu kita menganalisis kerusakan apa saja. Kamu juga mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang komponen ponsel cerdas saat ini. Semoga informasi mengenai komponen dan fungsi smartphone dapat memberikan informasi yang bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ditambahkan, silahkan tulis komentar pada kolom komentar di bawah ini. Terima kasih banyak!