Pengertian Smartphone Sejarah dan Perkembanganya
Pengertian Smartphone Sejarah dan Perkembanganya

Pengertian Smartphone Sejarah dan Perkembanganya

Sitekonoews.com – Kecanduan Smartphone sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari. Apalagi di era digitalisasi, semua orang bergantung pada perangkat mekanis atau elektronik yang bisa dibawa hampir ke mana saja. Misalnya smartphone. Meskipun kita sering menyebut smartphone sebagai HP (ponsel), kedua istilah tersebut merujuk pada perangkat yang berbeda secara teknis.

Pada dasarnya handphone dan smartphone adalah perangkat bergerak yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan dan mengirim pesan teks. Keyboard bersifat virtual atau sensitif terhadap sentuhan, pada handphone biasanya berada di bagian bawah layar. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengertian smartphone, simak pengertian, sejarah, perkembangan, manfaat berikut ini, mari kita lihat kelebihannya.

Pengertian Smartphone

Pengertian Smartphone

Smartphone merupakan perangkat Gadgets. Hal ini menjelaskan mengapa smartphone memiliki keunggulan tertentu dalam memberikan layanan kepada penggunanya. Dalam Smartphone iOS dan Android yang mampu menjalankan aplikasi pihak ketiga dan menawarkan fungsionalitas tanpa batas 

Jaringan komunikasi seperti internet itu sendiri bekerja dengan gelombang radio digital, mampu memproses sekumpulan informasi yang diterima dari satu perangkat digital dan dikirim ke perangkat lain menggunakan Teknologi Frequency Shift Keying (FSK).

Smartphone Anda pada dasarnya adalah radio mini yang secara terus-menerus mentransmisikan berbagai sinyal yang diterima dari jaringan seluler individu dalam pita elektronik yang berbeda. Masing-masing gelombang tersebut memiliki sinyal antena yang mengirimkan gelombang ponsel ke perangkat elektronik di area tertentu.

Sejarah dan Perkembangan Smartphone

Pengertian Smartphone Sejarah dan Perkembanganya

Dengan perkembangan Internet yang berkelanjutan, ponsel cerdas menjadi lebih populer daripada komputer. Namun, tahukah Anda bahwa awalnya smartphone hanya bisa digunakan untuk mengirim dan menerima pesan? Untuk informasi lebih lanjut, silahkan baca evolusi smartphone dari masa ke masa di bawah ini.

  • 1992 – Sekitar 25 tahun yang lalu, perusahaan teknologi IBM berjasa menciptakan smartphone pertama di dunia. Produk digital pertama ini bernama Simon dan dijual di seluruh dunia pada tahun 1994 untuk menyediakan fungsionalitas layar sentuh bagi penggunanya.
  • 2001 – Pada tahun 2000-an, smartphone mulai mendukung jaringan 3G, menjadikannya perangkat elektronik portabel pertama yang mampu mengakses Internet melalui sistem nirkabel. Namun tentunya akses internet mobile pada saat itu masih tergolong mahal dan tidak sebanding dengan kecepatan akses data dibandingkan saat ini.
  • 2007 – Revolusi smartphone modern benar-benar Steve Jobs memperkenalkan iPhone pertama pada tahun 2007. Model ponsel sebelumnya mengandalkan keyboard dan dapat mengakses versi Internet yang lebih sederhana hanya dengan menggunakan keyboard. Namun, tidak seperti iPhone, ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan layar sentuh dengan sistem dan fitur yang paling dekat dengan komputer desktop saat itu.
  • 2010 – Smartphone memperkenalkan fitur yang tersedia untuk kelas menengah melalui Android dan mendapatkan popularitas karena tersedianya berbagai model dan merek.
  • 2018 – Penggunaan smartphone diperkirakan mencapai lebih dari lima miliar, dan penggunanya tersebar di mana-mana, menggunakan smartphone tidak hanya untuk menelepon dan mengirim SMS, tetapi juga untuk belajar, mencari pekerjaan, membaca berita, menonton film, bersosialisasi, dan lainnya. Pada titik ini, seseorang tidak dapat hidup tanpa smartphone bahkan untuk satu menit pun.

Fitur dan Keunggulan Smartphone

Fitur dan Keunggulan Smartphone

Ketersediaan teknologi di dunia saat ini tentunya membawa beberapa manfaat dan kemudahan bagi penggunanya. Hal ini juga berlaku pada smartphone, dimana pengguna dapat saling berkomunikasi secara real-time setiap saat. Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan smartphone.

1. Update Realtime

Anda dapat menggunakan koneksi Wifi Anda dapat memperoleh pembaruan dari email. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui peristiwa terkini dari layar ponsel Anda, yang dapat digunakan kapan saja dan di mana saja.

2. Nyaman dan bermanfaat

Smartphone mudah dimasukkan ke dalam saku dan tidak terlalu berat. Jika baterai mulai berkurang dan akan habis,  Anda dapat mengisi dayanya di mobil atau menyambungkannya ke stopkontak umum. Sehingga Anda dapat selalu aktif dengan smartphone Anda.

3. Harga Terjangkau

Harga smartphone bervariasi, sehingga ada model murah bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas untuk memiliki smartphone.

4. Sumber hiburan

Selama Anda memiliki ponsel cerdas yang terhubung ke Internet, Anda tidak perlu bosan. Ada game Anda dapat jejaring sosial untuk menghabiskan waktu di

5. Pengingat

Anda mungkin sering kesulitan mengingat daftar belanjaan, kata sandi, atau instruksi rumit yang sulit diingat, bukan? Namun saat ini Anda dapat menyimpannya ke ponsel cerdas Anda atau menyimpannya sebagai foto, audio, atau video. Untuk menyimpan informasi penting yang akan memudahkan penggunaan Anda di masa mendatang.   

6. Peta dan Navigasi

Smartphone sudah mendukung fungsi GPS untuk memandu pengguna ke arah yang benar saat mengemudi, bersepeda, atau berjalan kaki Anda bisa mendapatkan informasi tentang fasilitas seperti restoran terdekat, pom bensin, dan hotel, bahkan saat Anda sedang dalam perjalanan jauh.  

7. Sumber informasi

Smartphone ibarat perpustakaan informasi dan referensi terbesar di dunia. Tempat di mana Anda dapat mencari apa saja di mana saja selama Anda memiliki koneksi internet.

Kelebihan dan Kekurangan Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan Smartphone

Pada dasarnya smartphone ini menawarkan banyak kelebihan bagi penggunanya. Namun hal ini hanya berlaku bagi pengguna yang benar-benar menggunakan teknologi ini dengan benar dan bijak. Mengingat lingkungan dalam kondisi tertentu, ada beberapa pengguna yang tidak memanfaatkan smartphone secara maksimal. Pro dan kontra dari smartphone dijelaskan lebih detail di bawah ini.

Keuntungan

  • Komunikasi yang nyaman – Smartphone telah berevolusi dari perangkat komunikasi elektronik paling awal. Oleh karena itu, gadget ini diciptakan untuk meningkatkan cara manusia berkomunikasi satu sama lain. Sama seperti pada saat sistem komunikasi modern membuat cara baru untuk berbagi informasi, misalnya obrolan video dan program serupa yang memungkinkan orang berkomunikasi secara instan dengan siapa saja dari mana saja di dunia,
  • Gadgets Multi-Fungsi – Memiliki smartphone menghemat uang karena Anda tidak perlu membeli kamera, camcorder praktis, perekam suara, radio, GPS, dan elektronik lainnya. Ini membuat smartphone menarik, karena
  • Harga bervariasi – Dalam bidang penjualan barang elektronik, smartphone menempati urutan pertama sebagai objek yang paling diminati dan diidamkan banyak konsumen. Alhasil, banyak perusahaan yang mulai berlomba-lomba meluncurkan smartphone yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai kalangan, mulai dari menengah ke bawah hingga menengah ke atas. Namun tentunya dengan perbedaan skill dan fungsi yang digunakan tergantung dari harga smartphone tersebut.Mudah Dipelajari
  • Mudah untuk dipelajari – Smartphone didesain sedemikian rupa agar dapat belajar dari berbagai kalangan dalam waktu singkat. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak anak zaman sekarang yang sudah mengetahui cara menggunakan smartphone. Hal inilah yang menjadi daya tarik produk elektronik ini karena mudah dipelajari.
  • Akses instan – Konektivitas yang mudah adalah salah satu fitur utama popularitas smartphone di seluruh dunia. Bayangkan Anda sedang memegang ponsel di tangan Anda dan Anda dapat memperoleh informasi apa pun dari berbagai sumber di dunia. Apalagi dengan fitur notifikasi smartphone, Anda bisa dengan mudah menerima berita terhangat di dunia secara instan.
Trending:   Cara Install Vidio Di STB Indihome, Aktivasi dan Biaya Paket

Kekurangan

  • Membuat Anda menjadi nomophobia – orang-orang menjadi sangat kecanduan dengan ponsel cerdas mereka sehingga mereka takut tidak memegangnya sedetik pun. Secara medis, ini dikenal sebagai nomophobia (takut jauh dari telepon) dan menjadi semakin umum di seluruh dunia. Ponsel pintar sangat membuat ketagihan bagi penggunanya sehingga seperti narkoba. Efeknya adalah Anda terpapar dopamin setiap kali Anda menerima pesan, panggilan, atau notifikasi dari ponsel cerdas Anda.
  • Risiko serangan kejahatan dunia maya – jika Anda sembarangan menggunakan internet di ponsel cerdas Anda, Anda mungkin menghadapi masalah serius. Misalnya, jika Anda mengklik tautan yang salah, terhubung ke jaringan yang salah, dan entah bagaimana diminta untuk membagikan kata sandi Anda di situs web yang mencurigakan. Dengan demikian, scam atau penipuan terstruktur merugikan pengguna.
  • Dampak pada hubungan – Smartphone mempermudah seseorang untuk berhubungan dengan orang lain, tetapi tidak semua jenis hubungan. Jika Anda terlalu fokus pada ponsel, orang terdekat pun akan menjadi korban aktivitas Anda.  
  • Mengalihkan konsentrasi – Bayangkan menjadi kecanduan ponsel cerdas Anda, setelah aktivitas 24/7 semua yang Anda lakukan berhenti di layar, mengganggu Anda dan mengurangi produktivitas Anda dalam berbagai hal seperti pekerjaan atau hal lain.
  • Daya tahan rendah – Tidak dapat disangkal bahwa ponsel masa kini, seperti smartphone, memiliki ketahanan fisik yang jauh lebih rendah daripada model sebelumnya, yang dirancang sangat ringkas dan tahan lama. Ponsel modern dapat menonaktifkan layar fisik dengan sedikit tekanan, mis. B. terjatuh, tergores atau rusak, sehingga Anda harus membayar ekstra untuk membeli pelindung layar atau jasa perbaikan.

Penutup

Smartphone adalah salah satu alat yang dirancang dan diciptakan untuk membuat kita lebih produktif dalam beraktivitas dan bekerja serta memahami dunia yang semakin modern dengan kompleksitas teknologi digital yang berlipat ganda. Jika Anda tidak dapat mengendalikan diri saat menggunakan ponsel cerdas, menggunakan ponsel cerdas Anda membuat ketagihan yang tidak baik untuk kesehatan Anda.

Gambaran singkat tentang pentingnya dan sejarah, perkembangan, manfaat, kelebihan dan kekurangan smartphone. Bagikan artikel di media sosial agar lebih bermanfaat. Jika Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang ingin Anda sampaikan, silakan tuliskan di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih banyak!

FAQ

Apa saja contoh smartphone?

iPhone, Blackberry, Windows Phone, Samsung, Sony Xperia, Xiaomi, Realme, OPPO, VIVO dll.

Apakah penting bahwa saya memiliki smartphone?

Ponsel cerdas adalah salah satu kebutuhan dasar setiap orang saat ini karena membantu pengguna terhubung satu sama lain dan membuat mereka sibuk mencari informasi secara online.

Bisakah saya hidup tanpa smartphone?

Dari sudut pandang ini, kita tidak bisa lagi hidup tanpa smartphone saat ini. Salah satu alasannya adalah sebagian orang sudah sangat lelah kecanduan smartphone. Namun alih-alih membuat hidup mereka lebih nyaman dan lebih baik, teknologi smartphone justru memperbudak mereka.

Bagaimana jika tidak ada smartphone?

Tanpa adanya smartphone, perkembangan internet tidak akan pernah secepat ini, mengapa? Karena satu-satunya alat yang menyediakan akses ekonomi ke internet untuk semua orang yang bisa belajar atau tidak, telah hilang dan tidak akan pernah ada. Akibatnya, hanya mereka yang punya uang yang bisa menggunakan internet.